SELAMAT DATANG DI BLOG NUSIRWAN

JANGAN LUPA KOMENTARNYA
WELL COME IN MY BLOG

Rabu, 25 Mei 2011

MENCARI KEBENARAN SEJATI

Apa yang anda rasakan jika suatu saat anda mencari kebenaran sejati,mungkin pikiran anda menjadi kacau balau, berjuta pertanyaana yang merasuki pikiran anda bahkan saking bingungnya anda memasuki wilayah kegilaan[jangan ampe deh] pernah nga anda mempertanyakan mengapa dunia atau lebih tepatnya alam smesta ini ada dan untuk apa?ahirnya mau apa dan kenapa? kalau memang kita yang mendiami alam semesta yang maha maha maha luas ini rasa, ahh rasanya mubazir, lalu untuk apa yang lain,atau ada kehidupan lain diluar planet yang kita diami ini,tapi kita tak bisa menjangkaunya karna terlalu jauh untuk kita kesana,karna para ASTRONOMI memperkiraka- kalau kita brangkat masih bayi(orok)ditengah perjalanan kita udah ubanan,tua renta ,makan bubur aja kaga bisa(udah gemeteran,he he he) belum yang lain, ilmu aja kaga ada,lahh sampai disana jadi orang bego,orang ngomong aja tidak bisa,kan dalam perjalanan tidak ada yang ngajarin ngomong.kalau misalnya bumi ini sebesar debu, kalau kita bandingkan dengan alam semesta ini,lalu diri ini sebesar apa? dan sang maha pencipta itu sebesar apa? kalau memang dia maha besar,seperti yang diberitakan kitab suci dan.kalau sebaliknya tuhan itu maha kecil (maha suci ) lalu dia dimana? mungkinkah dia dibalik urat leherku?."aku gelisah,binggung tapi aku belum gila(alhamdulilah)inilah awal dari perjalanan spritualku dalam mencari kebenaran sejati,yang selama ini aku cari dan peryanyakan.

Kalau bumi ini hanya sebesar debu dibading dengan jagat raya ini,?lalu aku ini sebesar apa?brarti aku ini dalam hitungan matematis KOSMIS(jagat raya) tidak ada alias tidak ada dalam hitungaan, "ya tuhan aku hampir pingsan plus pengen muntah,mungkin pertanyaan-pertanyaan ini terlalu berat untuk pikiran atau jiwa saya." kalau dalam hitungan matematis KOSMIS aku ini tidak ada dan  artinya sedang apa aku disini?lagi ngapain aku dimuka bumi ini, mungkinkah tuhan sedang membohongi aku?mentang -mentang aku lemah atau DIA sedang memperbudak aku .Sebenarnya manusia sedang apa dimuka bumi ini,benarkah sedang jalan-jalan untuk menuju kehidupan yang lebih kekal abadi?bukankah sebeluim kita ada kita dalam kekal abadi (itu menurut pikiranku) .dan untuk apa jagat raya ini diciptakan ?dan mengapa ini semua terjadi dan lagi-lagi aku menuju tuhan karna DIA ada dibalik semua ini (ATAU TUHAN SEDANG BERMAIN DENGAN PIKIRANNYA SENDIRI) aahh aku bingung tak mengerti .Atau seperti yang dikatakan kitab suci bahwa kita di turunkan kedunia ini untuk menjadi Khalifah(pemimpin) dimuka bumi ini,tapi bukankah suatu saat nanti bumi ini akan hancur alias KIAMAT justru oleh peradapan manusia itu sendiri(makanya kehidupan ini kong kalingkong tuhan,jangan-jangan) "TAPI AKU TAKAN BERHENTI DISINI PASTI ADA JAWABAN YANG MASUK AKAL".Atau manusi itu hidup untuk menggapai kematian,tidak masuk akal ,kalau alasanya sedangkal itu .Atau ada kehidupan lain yang sebenarnya kita tuju"ahh masa iya sihhh", lagi pula belum ada yang pernah kesana ,saya rasa itu DONGENG KITAB SUCI ,CUMA PETATAH-PETITIH AGAMA HANYA UNTUK MELANGGENGKAN KERAJAAN TUHAN 


Aku mencari daari sudut pandang dari Perspektip agama yang saya anut"ISLAM"dalam ritual agama yang sehari-hari saya lakukan ,seperti salat lima waktu sehari semalam,rutinitas itu saya lakukan setiap hari .Pertanyaan saya,mengapa kita harus melakukan ibadah solat?Apa yang sebenaranya yang kita solatin? (kita sembah).Kalau dalam solat itu kita menyembah tuhan,mengapa tuhan harus disembah?apa paedah dan manfaatnya bagi tuhan,kalau kita sedang menyembahnya? .Apa tuhan tersenyum bahagia kau kita sedang menyembahNYA,dan  begitu juga sebaliknya Tuhan akan merasa sedih dan marah kalau kita tidak menyembahNYA dan lansung menurunkan azab pada suatu kaum"Saya rasa tidak begitu juga data EMPIRIS tidak pernah begitu".Buktinya belum pernah ada orang yang keseharianya tidak pernah solat,lansung ditutup pintu riskinya.Buktinya seorang maling aja masih melimpah riskinya(KORUPTOR]. Yang solat siang dan malam tak pernah putus dan mengerjakan amal kebajikan pada sesama tapi ketika suatu saat rumahnya dibakar api tidak serta merta langsung padam ketika dia berdo,a pada tuhan sampai suaranya habis, rumahnya tetap ludes abis terbakar dan tak bersisa.Nyaris dia tak mempercayai adanya tuhan,dan mengoyang keimanannya.
 

Kalau kita solat untuk mengharapkan suatu pahala,lalu pertanyaan saya PAHALA itu apa? kalau ,tarolah pahala itu sebentuk kebaikan.Kalau begitu kita senantiasa berbuat baik aja pada sesama manusia dan alam sekitarnya,habis perkara!,tidak usah melakukan solat segala.,lalu bagaimana  dengan manusia primitip pra sejarah ,apa mereka langsung masuk neraka ,sedang kan mereka tidak tau apa-apa tentang pahala dan dosa ,rasanya tidak adil sekali tuhan kalau begitu adanya  dan kalau belainan agama bagaimana ? sedangkan tuhan yang menciptakan semuanya ,aaahh capek saya .Kalau pahala itu kebaikan yang kan kita bawa nanti setelah kita meninggal dan yang banyak mendapatkan pahala akan masuk sorga sebaliknya kalau mendapatkan dosa yang lebih dominan akan masuk neraka.Tapi belum ada seorang manusiapun yang pernah kesana,termasuk NABI sekalipun,dan bagi saya itu adalah omong kosong.Kalau kita misal udah masuk SORGA trus kita ngapin lagi,apa kita terbebas dari sembah menyebah tuhan"Tidak ada satu orangpun yang tahu".Sedangkan seorang filsup pernah berkata "Aku mati bagaikan matinya sehelai rumput dan tak ada seorangpun yang mengetahuinya aku maukemana dan sedang berada dimana"
 
Atau ada cerita lain.Misal tuhan sedang menguji keimanan kita ,kalau misalkan kita lulus ujian apa manfaatnya bagi tuhan toh ujung ujungnya akan kembali kepangkuan NYa ,lagi -lagi ngak ada Implikasanya bagi DIA .Dia akan tetap maha segala galanya.Kongritnya tuhan tidak akan menangis kalaupun Nerakanya penuh sesak dengan orang-orang pendosa.
Aku tambah pusing dan bingung,tapi aku tak akan berhenti sampai semua pertanyaan selam ini terjawab tuntas. Kegunaan naik haji ,puasa,bayar zakat dan ibadah-ibadah pormal lainnya.Naik Haji dalam sejarah,kita napak tilas untuk memperingati Perjalanan Nabi Ibrahim.Berarti itu cuma ritual simbol sejarah yang kita peringati setiap tahun. Untuk memperkaya negri arab dengan dalih sejarah[ masa iya sihh].Sehingga kita dengan suka rela iklaas mempersembahkan selembar nyawa sekalipun demi sebuah KENYAKINAN dan sejarah?  
Kalau intinya menunaikan ibadah haji hanya untuk membersihkan diri karna kenyakinan kita dan dokrin sejarah?.
pertanyaan saya,kalau untuk menyucikan diri dari segala dosa-dosa kita.Mengapa harus jauh jauh ke Negri orang,bukankah disini juga bisa[negri yang kita cintai ini] atau dinegri arab sana tuhan menjadi maha pengampun disini tuhan biasa biasa saja masa iya sihh?berarti tuhan itu tidak maha segala-galanya dong?. Ketika kita menunaikan ibadah haji,waktu kita melaksanakan melempar jumroh sebanyak tujuh kali,itu melambangkan kita sedang melempar setan[kejahatan] ketujuh panca indra kita. nah, yang menjadi pertanyaan saya.Mengapa kita harus jauh-jauh kenegri orang kalau hanya untuk membersihkan ketujuh panca indra kita.Bukankah kalau kita sedang mengambil air sembahyang[wudlu] kita telah membersihkan ketujuh panca indra kita setiap hari, malah lima kali dalam sehari kita telah melempar setan [dalam diri kita.Berarti kalau kita memahami hakikat dari WUDLU berarti kita telah mensucikan diri kita,melebihi melempar JUMROH ketika kita menunaikan ibadah haji di negri ARAB?.Apa kita memang tidak memahami akan hakikat semua itu?atau agama dengan sengaja menyembunyikan hakekat ritualnya,untuk menuntun para pengikutnya untuk suatu tujuan?Atau ritual-ritual semacam itu untuk meramaikan[hiasan]bagi pemeluk agama-agama diatas dunia ini? pusing!!! Atau kita ini semacam orang-orang tolol yang telah terdokrin oleh settingan Sejarah,akhirnya kita tidak memikirkan hakekat itu semua?atau kebingungan-kebingungan itu suatu bentuk kemaha tidak tahuan kita untuk menemukan sang PENCIPTA YANG MAHA SEGALA-GALANYA .Jangan -jangan kita sedang bermain petak umpet dengan sang MAHA AGUNG,atau kita sedang dibohongi oleh agam kita sendiri?kalau saya sedang berpikir,seperti contoh,kalau memang tuhan ada dimana mana[meliputi jagat raya ini] ,dan yang saya tahu tidak, berdiri[berujud] suatu bendapun kecuali dengan izinNYA .Kalau begitu adanya,selama ini yang aku sembah itu siapa?,saya sendiri itu siapa? jangan-jangan aku ini tuhan itu sendiri.ALLOHU AKBAR!!!!!!.Aku sedang dimana ini,kadang aku berbicara sendiri tidak karuan.Yang saya rasakan selama seminggu saya belum bersentuhan dengan yang namanya air.Kalau pembaca menebabk saya telah gila,ya! saya sedang memasuki wilayah itu.Zona yang paling berbahaya dalam ruang KEIMANAN .Disinilah yang menentukan nantinya,apakah saya lolos dari lembah ini keluar sebagai orang sholeh?.Atau saya menyimpang keimanannya seperti IMAM MUSADEK atau sama dengan LIA EDEN .                                                                                                                                                             Apa yang terjadi kalau insan manusia cuma melulu berasik mashuk dengan dunia tidak pernah memikirkan atau memuja sang pencipta yang maha segala-galanya.Dia akan merasa kesepian dan kehampaan hidup yang ujungnya akan mengalami kebuntuan hidup, dan akhirnya lari dari kenyataan alias mengkonsumsi NARKOBA dan tidak sedikit juga mengahiri hidup dengan cara bunuh diri.Ini bukti manusia harus menyembah tuhan' tak peduli apa yang kita sembah dalam satu keyakinan,menyembah gunung,berhala,pohon, atau apa saja menurut kenyakinan kita masing-masing .Mengapa saya mengatakan demikian, Karna kalau kita menuju tuhan seratus persen itu tidak mungkin, mungkin kemampuan jiwa dan pikiran kita maha tidak mampu,sedangkan bagi tuhan,Dia maha mampu(maha segala-galanya).Sebagai contoh,timbulnya berbagai keyakianan(agama) yang kita anut ,dari dulu hingga sekarang ini dan mau tidak mau,suka tidak suka, kita harus menghormati semua kenyakinan yang ada di atas dunia ini. Karna asalnya dari tuhan SATU dan semua menuju kepada tuhan SATU itu juga.                                                                                                                                                                                                Okelah ,.Di dunia ini apa yang tidak bisa diselesaikan dengan duit (materi ).Yang namanya non materi itu bussiet,karna semua itu tidak nyata(itu pikiran rasional}tapi tidak!! di balik  itu semua ada yang tidak nyata (alias non materi)karna semua yang tercipta memang di takdirkan untuk berpasang-pasangan,gunanya ,untuk melengkapi satu dengan yang lainnya.Bagaimana kita tau DINGIN kalau tidak ada PANAS.? bagaimana kita mengetahui rasanya MANIS kalau kita belum merasakan rasanya PAHIT  DAN dan seterusnya  .                                                                                                                                                                                                                                                  Anda boleh berasik mashuk dengan dunia,tapi anda akan merasakan sendiri akibatnya.Dan kebayakan orang ini akan merasa kesepian,ada satu lobang kosong yang tidak bisa diisi dengan materi (lobang itu adalah  suatu lobang yang maha luas dan maha suci untuk tersentuh oleh hal -keduniawian )  lobang  suci itu tidak bisa diisi dengan  materi (apalagi dengan narkoba) ,ibarat suatu rasa sakit dari satu luka ,kita bisa menghentikan  rasa sakit itu hanya sesaat ,dengan cara membiusnya, tapi  rasa sakit itu akan bersemi kembali setelah obat bius itu menghilang.Lobang itu hanya bisa diisi dengan keimanan kita dengan SANG MAHA AGUNG dengan cara memujiNYA dan mengakui keagunganNYA  ,karna sadar , atau diakui atau tidak  LOBANG ITU ADALAH MILIKNYA ,tak peduli dengan cara apa kita mengexpresikan penghambaan kita padaNYA ,karna pada hakikatnya tuhan itu satu .Tidak ada satu manusiapun yang bisa menggapai tuhan yang maha agung itu  seratus persen, makanya cara kita menyembah tuhan itu bermacam-macam, dan lahilah agama yang bermacam-macam pula ,  itu karna keterbatasan kita  padanya (jangankan kita mengetahui  seratus persen ,mendahului waktu aja kita tak mungkin) hidupnya hampa,sekalipun orang itu bergelimangan harta dan di kelilingi banyak orang.Telah banyak contoh yang kita lihat dan saksikan ,betapa seorang MUSISI yang paling di elu-elukan oleh banyak orang ,terkenal seantero jagat, dengan harta yang elimpah ruah.Kalau kita lihat sepintas,  kurang apa DIA??? ,tapi buktinya dia mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh  diri KURT COBAIN  pokalis nirvana salah satu contoh orang tidak bertemu tuhan dengan hati(iman). Pernah mendengar atau membaca bahwa MICHAEL JACKSON mengatakan ,dia selalu merasa kesepian ,merasa kehidupannya hampa di tengah -tengah keramain  dan glomour panggung selebretion yang sangat gemerlap dan memabukan  dengan memoles keangkuhan menjadi pundi-pundi dolar.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Cerita diatas mengisahkan perjalanan spiritualku dalam mencari kebenaran sejati. Aku mencarinya dalam ritual agama yang saya anut.Dalam proses pencarianku,pernah mengalami suatu proses KEGILAAN  alias sering berbicara sendiri,tidak mandi selama lima hari ,mengurung diri dalam kamar.Dalam perjalanan spritual itu juga aku pernah merasakan antara hidupdan mati ,karna dalam prasaanku, waktu terjadinya proses itu ,.saya tidak tau, dari alam gaib dari mana yang menanyakan semua pertanyaan kepada saya,.dari dunia sampai akhirat padaku,dipertanyakana jejak perjalanan dari SYariat sampai digerbang MAGRIFAT  ,dan saking beratnya pertanyaan-pertanyaan itu hingga pikiran dan jiwa saya tidak mampu menampungnya akhirnya saya muntah dan pingsan.                                                                                                                            
     PRINGATAN  jika anda mengalami kejadian seperti saya pernah alami,sebaiknya jangan memakai pikiran smata, ada baiknya bubuhkan juga stumpuk keimanan didada .Atau seorang guru  pembimbing, itu lebih baik karna saya kwaatir  pikiran anda terganggu(gila).KARNA kadang ada  suatu dari satu pertanyaan yang sangat mistri sekali, oleh pikiran  tak bisa menampungnya, alias tak masuk akal , justru iman yang bisa melesaikannya, TAPI kalau kita belum mengetahui,  dia akan menjadi pikiran terus menerus  bagi anda,dan saat dalam kebimbangan anda ,akan menjurus pada hal yang tak masuk akal  dan lebih celaka  lagi ,ini karna akal dan jiwa kita tak bisa menampung pertanyaan yang cukup berat itu  ,ahirnya sang pencari kebenaran sejati memasuki wilayah kegilaan,dia bukan menemukan kebenaran sejati yang selama  ini dia cari , malah terkucil dari dunia peradaban ( itu kata orang ) dan menjadi penghuni rumah sakit jiwa di GROGOL.

Jika anda tengah mengalami pristiwa yang pernah saya alami(mengalami pejalanan spritual) atau anda sedang kebingungan mencari teman untuk sering ,memecahkan pertanyaan-pertanyaan yang oleh kamu sendiri sukar sekali untuk dipecahkan dan kamu sendiri tidak terpuaskan oleh jawaban jawaban dari orang yang setengah-setengah mengerti agama(atau hanya mengerti tentang syariat saja) ,dan mereka sendiri belum tentu pernah mengalaminya(perjalanan spritual)
Dan saran saya kalau anda lagi mengalaminya jangan lupa,belajarlah dari seorang guru yang mengerti akan pelajaran  MAGRIFAT karna dengan bimbing-bimbingannya kamu akan menemukan jalan yang lurus alias tidak menemukan banyak batu sandungan dalam mencari kebenaran sejati.

Dan yang ingin SHARING dengan saya ,kebetulan saya pernah mengalami peristiwa ini dan alham dulillah saya keluar dari pergulatan yang begitu panjang dan melelahkan jiwa dan raga(antara hidup dan mati) tapi sangat menyenangkan setelah kita mengetahui kebenaran sejati(atau hakekat dari kehidupan ini) sehingga yang tak nampak oleh mata kita selama ini menjadi jelas bahwa itu bukanlah hakikat yang sebenarnya, itu semua tertutup mistri ILAHI yang di bayang-bayangi oleh kesombongan manusia itu sendiri ,dengan mendekatkan diri kita  dengan yang maha agung ,dan  hati yang bersih dan ikhlas ,insya ALLOH dengan izinNYA kita akan mengetahui nya ,sehingga kita lebih arif melihat persoalan-persoalan yang kita temui HUB:085814328165
Dan pengalaman spritual ini bukan saja dialami oleh manusia pada jaman moderen ini saja ,saya dan juga kamu ..Pencarian akan kebenaran sejati ini dialami juga oleh nabi-nabi dan ROSUL jaman dahulu kala .Sebagai contoh  NABI IBRHIM as.dalam dia mencari kebenaran ,pernah dia menyangka MATAHARI dan BULAN adalah tuhannya ,dan pada akhirnya dia menemukan tuhan yang maha agung .maha segala-galanya yang mengenggam alam semesta ini dengan telapak tanganNYA.



.

1 komentar:

  1. Bang rheno gue pengen nanya nich! kejadian ini yang abang tulis,fiksi ilmiah ,apa benar-benar abang mengalami sendiri,karna ,seperti yang abang ceritakan kayaknya seperti nyata.dan kalau boleh tau abang sekarang tinggal dimana.dan benar ngak kalau abang rheno orang lampung asli,kok dalam tampilan photonya anak kecil,apa itu anak abang,

    BalasHapus